Pastikan 7 hal penting ini sebelum membangun atau membeli rumah baru



ilustrasi
Rumah adalah tempat anda berkumpul dengan keluarga, ketika anda membutuhkan rumah dan akan membeli rumah. Untuk kenyamanan anda dan keluarga nantinya, selain anggaran yang anda pertimbangkan, pastikan tujuh hal utama ini sebagai pertimbangan dalam memilih dan menentukan rumah baru anda.

1. Siapa yang tinggal di perumahan tersebut?
Untuk perumahan baru, mungkin belum bisa mengidentifikasi bagaimana kondisi siapa saja yang akan tinggal di perumahan tersebut. Tapi bagi anda yang akan membeli rumah tempat tinggal di perumahan yang sudah banyak penghuni, maka perhatikan kondisi lingkungan masyarakatnya.
Lihat disekeliling perumahan, bagaimana kondisi lingkungan sekitarnya, lihat sekilas populasi penghuninya. Apakah penghuninya kebanyakan dari keluarga muda, keluarga pensiunan. Pastinya bagi anda yang mempunyai anak kecil, tentunya menginginkan penghuni penghuninya sama mempunyai anak anak seperti anak anda.

2. Bagaimana perawatan rumah di lingkungan tersebut?
Perhatikan bagaimana lingkungan rumah tersebut terlihat secara keseluruhan. Berjalan kakilah di sekitar area rumah dan lihat bagaimana keadaan rumah lain.
Apakah rumput di rumah-rumah tersebut tercukur dengan rapi? Apakah jalanan yang dilalui mobil cukup bersih? Apakah rumah-rumah tersebut masih dalam bentuk fisik yang cukup baik atau sudah rapuh?
Perhatikan saluran saluran pembuangan air limbah rumah tangga, apakah salurannya tertata dengan baik sehingga tidak menimbulkan efek bau dan mengundang penyakit.

3. Suara bising di lingkungan perumahan
Selagi berjalan kaki di sekitar rumah yang diminati, perhatikan bagaimana suasana lingkungan tersebut. Pastikan faktor kebisingan, apakah ditempat tersebut ramai dengan suara gonggongan anjing, anak-anak yang bermain, suara kereta api atau kebisingan kendaaraan bermotor. Atau perhatikan lingkungan sekitarnya, apakah penghuninya menyetel alat elektroniknya dengan suara keras, sehingga kedengaran oleh sekitarnya.
Ketenangan rumah tinggal, adalah faktor utama bagi anda yang menginginkan tempat untuk beristriarahat, apalagi bagi anda yang mempunya anak kecil atau bayi. Beda lagi kalau fungsinya berubah menjadi tempat usaha.

4. Bau di sekitar rumah
Meskipun terdengar konyol, tapi bau yang ada di sekitar rumah bisa menjadi indikasi penting dalam memilih sebuah rumah. Apakah lokasi rumah dekat dengan pabrik yang berlimbah bau, tempat pembuangan sampah atau mungkin lokasinya dekat dengan peternakan ayam.
Hal-hal ini pastinya akan mengganggu aktivitas sehari-hari, namun mungkin juga tidak berpengaruh sebelumnya anda memang sudah terbiasa dengan bau-bau tersebut.

5. Akses ke lokasi tempat kerja, tempat usaha dan sekolah anak anda
Pastikan juga anda pertimbangkan lokasi tempat tinggal anda dengan tempat kerja dan tempat usaha anda, semakin jauh maka akan sangat memakan waktu untuk berangkat dan pulang kerja/usaha.
Jika Anda memiliki anak (atau mungkin baru berencana), apakah lebih memilih lokasi rumah yang dekat dengan sekolahan incaran? Untuk kebanyakan orang tua, sekolah menjadi bahan pertimbangan utama ketika membeli sebuah rumah.
ilustrasi
6. Fasilitas umum, sosial dan agama.
Fasilitas sosial, umum dan agama adalah hal penting juga untuk menunjang segala aktifitas kegiatan masyarakat. Perhatikan jalan umumnya, apakah jalan umumnya mengakomodasi akses kendaraan anda. Jika anda punya anak kecil, pastikan ditempat tersebut ada sarana bermain untuk anak anak anda. Begitu juga untuk kegiatan beribadah, apakah ditempat tersebut sudah ada fasilitas agama, sehingga ketika anda bermaksud beribadah tidak usah keluar jauh dari tempat tinggal anda.

7. Perjanjian dengan pengembang
Untuk anda yang mengambil rumah kepada pengembang, anda bisa menanyakan kepada tetangga di sekitar rumah apakah pengembang berkomitmen dalam menjaga keadaan lingkungan perumahan. Mulai dari sistem keamanan, estetika lingkungan perumahan seperti jalan utama, rumput taman, hingga fasilitas pemasangan air dan juga listrik.
semoga bermanfaat.